Wisata Kuliner Manado


Tentunya nama Manado sebagai ibukota Sulawesi Utara sudah banyak dan sudah tidak asing lagi didengar orang. Kemarin, tanggal 13-21 Maret 2010 saya menyempatkan pulang kampung kesana,karena disanalah kota kelahiran saya.


Di sepanjang jalan di Kota Manado banyak spanduk-spanduk serta baliho yang bertuliskan "MANADO KOTA PARIWISATA 2010", "MARI SUKSESKAN MANADO SEBAGAI KOTA PARIWISATA 2010", dll.
Sebagai orang manado,saya pribadi bangga dengan dinobatkannya Manado sebagai kota pariwisata dunia tahun 2010.
Saya akan menceritakan kemana saja saya di manado selama 1 minggu disana.
tanggal 15 maret tepatnya hari senin, pagi-pagi sekali fyrdha udah mandi,karena rencananya ayah dan mama mau mengajak aku dan adikku ke Jalan Roda.
Pasti penasaran apa tuh Jalan Roda??Jalan Roda adalah kawasan khusus wisata kuliner jajanan khas Manado.Tempat banyak orang berkumpul, mengobrol bisnis, ato sekadar bertemu kawan lama disini sambil meneguk "Kopi Setengah" atau "Teh setengah" dan juga lalampa serta Nasi Jaha (jajanan khas Manado)
Neh fyrdha kasih fotonya deh...

itu papan sambutan saat masuk dikawasan Jalan Roda

Kebetulan, saudara dekat fyrdha berjualan disitu,walhasil fyrdha tak perlu repot mencari stan penjual yang mana yang akan fyrdha datangi.


itu adalah WK. SALEH (Warung Kopi Saleh)
Om Saleh adalah saudaraku.

Sesampainya di stan itu.. duduk manis lah aku,dan Ci'na,Tanteku,lebih tepatnya istri dari Om-KU menawari untuk minum teh susu, ato kopi susu, lalu aq minta teh susu,tapi kali ini tidak teh susu setengah, karena aku ingin 1 gelas penuh, keunikan tersendiri dari setiap warung kopi di Jalan Roda ini adalah Pemesan Kopi atau Teh boleh memesan hanya setengah gelas, jadi pelayan hanya memberikan setengah gelas teh
/kopi dengan harga yang juga setengah dari harga teh/ kopi utuh satu gelas.

itu teh susunya

Ada juga banyak jajanan khasnya

Itu namanya Nasi Jaha terbuat dari beras yang dicampur bumbu rahasia lalu dimasukkan ke dalam bambu,lalu dibakar,setelah itu baru dipotong bambunya baru dimakan (bisa dimakan dengan kuah khas) .Nyummmy,,,


kalo yang ini nasi kuning, bedanya kalo di jawa, pelengkapnya adalah serundeng dan kering tempe, jika di manado pelengkapnya adalah daging ikan yang sudah di hancurkan lalu di garo dengan rempah-rempah di wajan, bungkusnya pun memakai daun spesial (fyrdha lupa namanya), yang pasti top bgt dah...


satu lagi neh yang enak,namanya LALAMPA, terbuat dari beras juga, isinya daging ikan yang dihancurkan itu juga, tapi bedanya ini dibungkus dengan daun nasi (manado.red). (Daun itu sekarang mulai susah didapatkan)setelah itu baru dibakar,dimakan selagi hangat.MANTAB...
Kisah perjalanan pulang kampung fyrdha ke Manado,belum selesai loh,, tungguin dipostingan berikutnya... oke?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

37 Response to "Wisata Kuliner Manado"

  1. kedai opini says:
    Selasa, Maret 23, 2010

    manado emang maknyus...Indonesia juga maknyos

    mampir ke blog kami

  2. Noni fyrdha says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    @kedai opini
    betul sekali indonesia memang negara manknyus...
    saya sudah mampir loh...
    thnks knjungannya

  3. peri01 says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    hemp mana nie testernya hehehehe
    salam kenal

  4. faiza says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    waah..kunjungan perdana saya kesini sudah di usguhi makana yang lezaaat...

    wahh..jd peasaran..apa ya..bumbu rahasianya?..

    hehe..salam kenal..

  5. nopi says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    kalo ga salah, itu namanya daun woku, Fyrda..
    *kalo salah ya maap deh*

  6. nopi says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    saya pernah makan lalampa, tp masih penasaran dg nasi kuning woka yg pake abon cakalang seharga 8ribu *hihiii tau harganya pula ya, saking penasarannya*
    apa nasi kuning yg saya maksud itu sama dg nasi kuning yg gambarnya di atas itu? kok ada telur nya *soalnya saya ga suka telur*

  7. Abu Ghalib says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    mhm...jadi ngiler lihat gambar2nya
    senang bisa kenal deng ngana
    kapan ya bisa sampe ke manado?

    makasih sudah berkunjung ke blog sy
    salam kenal akrab

  8. bisnis online rahasia dahsyat | Leader Street says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    keren nih, kuliner yg enak kayaknya

    aq celebes jg lho

  9. extreme webz says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    nice post, good idea

    good luck for admin

  10. Cerita Tugu says:
    Rabu, Maret 24, 2010

    wah inyong berkunjung disini ada banyak makanan, yang mana ya yang inyong makan dulu

  11. tukangpoto says:
    Kamis, Maret 25, 2010

    Jadi ngiler mau nyobain teh susunya,semacam teh tarik gitu kan...

  12. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @ peri
    testernya bisa lgsg datang k sby (rumah saya)
    hehe
    salam kenal peri

  13. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @faiza
    bumbu rahasianya terjaga,,, tak boleh ada plankton di bikini bottom yang mengintip rsep rahasianya.. salam kenal
    dan trims sdh brkunjung ...

  14. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @mbak nopi
    iya,makasih diingetin, bukan daun woku, tapi woka mbak,.
    iy nasi kuning yg terkenal itu,harganya skrg sekitar 11rb an kalo pake telur...
    kalo yang biasa cuma abon ikan mgkn bs 8rb..
    trims sdh berkunjung

  15. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @abu gholib
    senang juga qta bisa kenal deng ngana abu gholib
    trims sudah berkunjung

  16. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @bisnis
    bukan kayaknya,tapi emang beneran enak...
    salam kenal dn trims sdh brkunjung

  17. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @extreme
    thnks to come to my blog
    im glad to see u

  18. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @cerita tugu
    iya pak inyong silahkan dipilih mw makan yg mna dulu..
    thnks knjungannya

  19. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    @tukang poto
    ya mgkn bs semacam itu,, pokoknya enak lah,,,
    thnks sudah berkunjung

  20. helmy says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    ditunggu postingan selanjutnya... beritahu saya!! hehe

  21. arek11 says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    Buat pingin mkan aja.. :D..
    Exchange link dunk..

  22. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    okey... helm
    trims kunjungannya

  23. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Maret 26, 2010
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  24. dedekusn says:
    Jumat, Maret 26, 2010

    Manado ternyata sangat Indah, entah pakan sy bisa kesana

  25. fyrdhazakaria says:
    Sabtu, Maret 27, 2010

    @dedekusn
    iya nnti kapn" harus disempatkan kesana ya
    trims kunjungannya kang dede

  26. sapta says:
    Sabtu, Maret 27, 2010

    weew.. bikin ngiler cuy... emank makyuss.. kotanya indah, makanannya sedap.. apalagi yg namannya bubur manado.. hmm.. mantap dah.. :D

  27. Noni fyrdha says:
    Jumat, April 02, 2010

    iya donk... manado cuma salah satu dari ribuan pulau indah di bumi indonesia,..
    jadi patut tetap dilestarikan
    tris kunjungannya

  28. Plesiran says:
    Sabtu, April 03, 2010

    Saya sudah dua kali ke Manado dan Kotamobagu karena anak saya tinggal disana. Saya sempat makan 2 kali di resto Ria Rio yang terletak di pinggir laut.
    Bagus reportasenya nduk, lanjutkan.
    Saya juga menulis tentang Resto Ria Rio, silahkan simak ya.
    salam hangat dari Surabaya

  29. Andhok says:
    Sabtu, April 03, 2010

    Manado makanannya memng enak-enak, waktu di Jakarta saya juga suka makan masakan Manado juga.
    Bubur Manado saya juga suka lho nduk.
    Salam hangat dari Surabaya

  30. parfum murah says:
    Minggu, April 11, 2010

    pisang yg dicocol sambal itu mantap..

  31. Donny says:
    Kamis, April 15, 2010

    Ado kasiang, so suka mo pulang tare' (terjemahan bahasa plutonya: "Aduh kasihaan, jadi pengen pulang deh).

    Btw itu nasi kuningnya di bungkus pake daun woka.

    Salam kenal ajah..

  32. fyrdhazakaria says:
    Senin, April 26, 2010

    @ plesiran
    iya pakdhe,anak pakdhe ada yg d manado jg toh?
    hehe
    trims kunjungannya pakdhe,..

  33. fyrdhazakaria says:
    Senin, April 26, 2010

    @ andhok
    wah iya, tp kalo saya tak begitu suka dengan bubur manado, abisnya campur aduk isinya,,
    hehe tapi tetepp... mantep madeb maknyet
    thnks dah mw mampir dhe..

  34. fyrdhazakaria says:
    Senin, April 26, 2010

    @parfum murah
    iya itu namanya pisang goroho,, aku lum sempat posting gambar nya.. hehe'
    trims kunjungnnya
    @ donny
    iyo pulang jo ngana... haha
    iya, saya bru ingat kalo namanya tu daun woka,..
    thnks kunjungnnya,.

  35. harsantohalim says:
    Minggu, Mei 29, 2011

    hallo Frydha, salam kenal . Saya sangat appreciate untuk postingan Jarod, alias jalan roda ini, kebetulan saya tinggal di Manado sejak tahun 2000 sampe sekarang.
    buat teman-teman netter dan blogger, yang pengen tau tentang manado dan sekitarnya, melengkapi postingan Fyrdha , saya mengundang teman-teman untuk berkunjung ke blog saya di : harsantohalim.blogspot.com

  36. fyrdhazakaria says:
    Selasa, Mei 31, 2011

    @harsanto
    haloo kak,.. thnks for appreciating me,,
    kebetulan klo fyrdha cuma numpang lahir di manado, cos papa dr manado, tpi tinggalnya sendiri in surabaya city,, :) hehe

  37. Anonim Says:
    Rabu, Juni 08, 2011

    iy nih jd pngen plng mdo jg,. klo di mdo tu t4 mkn nasi kuning yg enk itu di "RM. SEROJA"" cobain dehh,..

    lam knal ya,. gw jg nak mdo asli,.hhe

Posting Komentar

Write your comment
No Spam yah... Thank you :)