wisata religi manado, Sulawesi Utara



Kesempatan pulang kampung ke Manado bulan lalu juga tak fyrdha sia-siakan. Berhubung fyrdha sekeluarga suka dengan wisata religi atau berziarah ke makam-makam wali serta pahlawan, kesempatan di manado kemarin juga dimanfaatkan.



Di manado terdapat sebuah makam pahlawan yang mungkin sering didengar namun sudah mulai dilupakan yaitu Tuanku Imam Bonjol,
dengan nama asli Peto Syarif Ibnu Pandito Bayannudin, beliau lahir tahun 1774 di Tanjung Bungo / Bonjol Sumatera Barat, seperti yang kita tahu bahwa beliau digelari pahlawan Nasional karena ikut berperan melawan penjajahan belanda, bahkan beliau meninggal pun saat beliau dalam pengasingan belanda tepatnya di daerah Lota, Minahasa ini.


Saat memasuki gerbang masuk anda akan disuguhi oleh pemandangan gedung area makam dengan arsitektur adat khas sumatera barat itu, dan harus menaiki beberapa anak tangga untuk sampai diatas.



Sampai disana saat anda masuk ke gedung utama terdapat 7 buah pintu, 3 pintu bagian depan, 2 pintu disamping kiri kanan, dan 2 pintu di belakang kiri kanan
Makam yang begitu sederhana, dengan profil hidupnya yang tertulis rapi di batu nisan nya.

Di bagian belakang pintu utama, ada tertulis papan yang bertuliskan tempat shalat Tuanku Imam Bonjol

Aku penasaran dan langsung menuju arah yang dituju papan, itu bergerak ke sebuah anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak dan menurun.


Tangga itu menuju ke sebuah aliran sungai yang lumayan deras.



dan keren banget lho... tempat shalatnya berupa sebuah batu persegi yang dulunya ada di tengah sungai, namun pada awal 2004 masyarakat Lota', Minahasa saling berkoordinasi untuk memindah batu itu ke pinggiran sungai, dan membuatkan bangunan yang layak agar bisa dinikmati dan dipelajari nilai sejarahnya hingga sekarang.


menurutku ini merupakan cagar budaya yang harus dilestarikan juga loh... betul gak?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

22 Response to "wisata religi manado, Sulawesi Utara"

  1. aguskusuma says:
    Senin, Mei 03, 2010

    tempat yg bagus buat ziarah sekaligus mengenang perjuangan beliau...

  2. edratna says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    Senang baca cerita ini, serasa ikut wisatanya.
    Saya baru sekali ke Manado, dan karena tugas, cuma bisa curi waktu ke Bunaken pagipagi...itupun langsung ikut seminar...kemudian mencoba ke Tondano, makan ikan Nike di tepi danau....

  3. dedekusn says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    Kaan ya sy bisa kesana? ...
    Indah banget... nuansa alamnya terkesan suejuk bangetsss

  4. Awan says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    cakep..cakep..

    hmm,, dimasukin ke list wisata yg harus dikunjungi nih,,

    fyr, link kmu udh di pasang tuh
    di http://awansaph.blogspot.com

    di tunggu ya backlinknya...

  5. fyrdhazakaria says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    @agus kusuma
    begitu sekali, waktu saya sampai disana atmosfir nya terasa sekali...atmosfir perjuangan

  6. fyrdhazakaria says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    @edratna
    amin, terimakasih semoga selalu kangen dgn postingan2 fyrdha...
    fyrdha juga pnh k tondano kelas 5 SD, dan ke bunaken waktu umur 1 tahun.. hikz... udah lupa bu..

  7. fyrdhazakaria says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    @dedekusn
    iya sejuk bgt disana, rasanya gk pngen pulang

  8. fyrdhazakaria says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    @awan
    oke thnks kunjungannya
    nnti ku backlink..

  9. ade truna says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    Ini dia jurnalis hebat! makasih ya info nya :)

  10. figar says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    q kykx pernah pergi ke slah satu tmpt itu,wktu itu dpt tugas dri skolah(udh lupa) trus ketingglan tmen" yg kesisa cmn tmen cwekq,akhrx minta anterin omq ..,lmyan jauh dri kota mnado..,salan kenal maen dong ke blogq yg sunyi tuh.newbi nh

  11. Noni fyrdha Says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    @figar
    waduh ketinggalan rombongan neh critanya??
    iya juga sih tempatnya agak jauh dari perkotaan , lebih terkesan ke pedesaan pinggran tp ttep tak menghilangkan suasana agamis dan perjuangannya
    salam kenal juga
    trims kunjungannya

  12. Noni fyrdha Says:
    Selasa, Mei 04, 2010

    @ade truna
    trimkasih pujiannya yg membangun bkin fyrdha jd semnagt untuk terus nulis
    trims kunjungnnya

  13. kyaine says:
    Rabu, Mei 05, 2010

    saya baru paham klo makam tuanku imam bonjol ada di sulawesi.
    saya kira hanya pangeran diponegoro sj yg dibuang ke sulawesi oleh belanda dulu

  14. kyaine says:
    Rabu, Mei 05, 2010

    saya baru paham klo makam tuanku imam bonjol ada di sulawesi.
    saya kira hanya pangeran diponegoro sj yg dibuang ke sulawesi oleh belanda dulu

  15. fyrdhazakaria says:
    Rabu, Mei 05, 2010

    hehe,,. iya maka dari itu pentingnya agar selalu membaca dan mencari tau
    trims kunjungannya

  16. munawar am says:
    Kamis, Mei 06, 2010

    akhir maret lalu saya di makassar, tapi karena jadwal padet, tidak sempet ke makam Pangeran Diponegoro dan Makam Syeh Yusuf Al Makassari..... pergi pake batavia pulang pake merpati... :)

  17. fyrdhazakaria says:
    Jumat, Mei 07, 2010

    di makassar ikut muktamar NU ya?
    paman saya juga datang loh, panitia, jabatannya sekjen pusat, kenal gk??

  18. munawar am says:
    Sabtu, Mei 08, 2010

    @Fridha: betul, itu dia acaranya. Itu paman sekjen yang sekarang atau yang dulu, kalau kenal sieh nggak lahhh soalnya saya kan bagian YMT yang membawakan tas peserta, cuma tahu namanya... Iqbal Sullam-kah? Kenalkan sekalian boleh?

  19. BlogCamp says:
    Sabtu, Mei 08, 2010

    Reportase yang lengkap didukung foto yang yahuuud.
    terima kasih dan kapan kirim artikel untyuk dimuat di Blog Plesiran nduk ?

    Ikuti tebak lagu di BlogCamp dengan hadiah yang menarik.
    salam hangat dari Surabaya

  20. iiN greeN says:
    Sabtu, Mei 08, 2010

    wah boleh juga nh jadi tempat liburan nanti.. ;p

  21. fyrdhazakaria says:
    Senin, Mei 10, 2010

    @munawar
    kang kok malah merendah?
    iya, gak tau sekjen sekrang ap dulu, namanya idham zakaria, kemarin ini baru 1 minggu d rumah fyrdha di sby, hri minggu kmrin pulang
    @blogcamp
    amin, trimkasih pakdhe, artikelnya tuh boleh yang ini ta??
    oke, nnti insyallah saya ikut lagi
    trims kunjungannya
    @iin green
    silahkan,.. wah jadi seneng trnyata liputannya bkin org pnsaran dn pngn liburan ksna
    thnks kunjungannya

  22. jo_fhano2527 says:
    Jumat, Februari 10, 2012

    SEJARAH YANG MASIH SANGAT BAGUS....

Posting Komentar

Write your comment
No Spam yah... Thank you :)